Peran Informatika dan Telekomunikasi dalam Industri Kreatif

Gambar kontes blog
Assalamualaikum Wr. Wb.

EGSC - Kali ini admin EGSC tidak posting artikel sepertimana biasanya. Melainkan memposting artikel mengenai Peran Informatika dan Telekomunikasi dalam industri Kreatif. Sebelum melanjutkannya, saya akan bertanya kepada saudara atau saudari. "Seberapakah Anda tahu peran informatika dan telekomunikasi di dalam bagian industri kreatid ?". Ya! itulah yang akan saya bahas disini sebagaimana saya akan menjelaskannya dengan singkat dan jelas supaya Anda dapat mengerti dan mendapatkan informasi yang lebih seputar Informatika dan Telekomunikasi di dalam bagian industri kreatif. Mari disimak penjesalan saya berikut ini.

Tetapi sebelum itu, ada baiknya kita membahas definisinya yang umum terlebih dahulu.

Informatika merupakan suatu ilmu yang sangat luas yang pada dasarnya merubah suatu data menjadi suatu informasi pada mesin berbasis komputasi yang berkonsep dasar perkembangan aplikasi sendiri dan teori dengan mendukung dan berkaitan dengan aspek sosial dan kognitif. Ilmu ini mencakup Ilmu Komputer, Teknik Komputer, Informatika Sosial, Ilmu Informasi, Teori Informasi, dan Sistem Informasi, serta Keamanan Informasi.

Gambar contoh Informatika

Telekomunikasi berasal dari kata "Tele" yang berarti jauh dan kata "Komunikasi" yang berarti suatu proses pemberian informasi dimana satu pihak memberikan suatu informasi kepada pihak lain dengan maksud menyampaikan suatu pesan, gagasan ataupun ide yang ingin disampai kan pada kedua belapihak tersebut. Jadi, Kesimpulan dari pengertian diatas, "Telekomunikasi" dapat diartikan sebagai pemberian suatu informasi yang dilakukan pihak satu ke pihak lain yang bermaksud untuk menyampaikan suatu pesan, gagasan, ataupun ide pada jarak yang cukup jauh.

Gambar contoh Telekomunikasi

Nah kalau saudara/saudari sudah tau apa itu definisi Informatika dan Telekomunkasi secara umum. Sekarang kita bahasa dalam dunia industri kreatif. Sebelum kita masuk pada pembahasan Peran Informatika dan Telekomunikasi dalam dunia Industri Kreatif, ada baiknya kita mengenal dulu Dunia Kreatif itu sendiri. Yuk disimah berikut ini.


Industri Kreatif merupakan suatu aktivitas yang mencipatakan suatu aktifitas yang baru dan mendapatkan manfaat yang banyak dari aktifitas yang sudah dicipatakan tadi, dan bukan hanya pembuat melainkan pemakai yang senang menggunakannya, memakainya, ataupun memanfaatkan. Industri Kreatif dikenal dengan nama lain Ekonomi Kreatif. Menurut Howkins, Ekonomi Kreatif terdiri dari seni, film, musik, desain, fashion, kerajinan, penerbitan, perangkat lunak, permainan ataupun permainan video, pertunjukan, arsitektur, pengiklanan, televisi, dan radio, serta penelitian dan pengembangan (R&D).


Oke sekarang saudara/i sudah memahami Industri Kreatid, tetapi sebelumnya saya mau bertanya, menurut suadara atau saudari apa sih peran Informatika dan Telekomunikasi dalam bidang industri kreatif ? mungkin beberapa dari kalian mengatakan bahwa perannya yah yang kreatif - kreatif gitu. Hahaha, oke! saya akan memberi anda suatu informasi mengenai perannya dalam bidang industri kreatif. Eh ngomong ngomong seperti definisi Informatika yah? hehee, kalo begitu yuk disimak berikut ini. Peran Informatika dan Telekomikasi dalam Industri Kreatif :

  • Mempermudah Transaksi dengan Konsumen. Maksudnya disini adalah dengan diciptakannya tekonologi, maka pelaksanaan jual beli dapat berlangsung lebih cepat ataupun transaksi antara industri dengan konsumen. Salah satu contohnya adalah seperti yang kita ketahui sekarang banyak industri yang berjualan didalam dunia online. Ya! Jual Beli Online! dari situ bisa kita lihat bahwa si pengguna (industri) menggunakan teknologi yang dapat memasarkan barangnya di situs yang sudah di buat olehnya, diteruskan oleh pengunjung situs (konsumen) yang tertarik dengan barang yang ditampilkan pada situs si industri tadi, nah disinilah akan ada suatu transaksi yang bisa lebih mudah dilakukan oleh kedua belahpihak tersebut dengan cara bertransaksi lewat teknologi juga, yaitu suatu cabang bank yang berada di sekitar rumah kedua belah pihak.

  • Mempermudah Industri Mendapatkan Konsumen. Maksudnya disini adalah seperti yang anda ketahui pada semua situs yang menyediakan fasilitas iklan ataupun yang sering disebut dengan banner. Dari situlah si Industri memasang iklan yang menginformasikan mengenai produk-produk yang dipasarkan oleh Industri tadi. Maka disinilah peluang besar si Industri dapat menarik pelanggan dari iklan yang telah dipasang tadi dengan sangat cepat dibandingkan dengan biasanya.

  • Mempertinggi Rating dan Menambah Kualitas Produk. maksudnya disini adalah dengan menggunakannya teknologi dan telekomunikasi, suati Industri dapat mempertinggi rating dan menambah kualitas suatu produk yang dipasarkan oleh Industri. Contohnya persis seperti peran yang kedua tetapi ada penamban sedikit, yaitu dengan memasang iklan didalam situs yang memiliki pengunjung atau yang sering disebut visitor, maka secara tidak sadar Industri telah mendapatkan peminat produk tersebut dan menambah rating produk tersebut karena konsumen telah menyukai produk yang dipasarkan tadi dan disitu pulalah karena si konsumen telah menyukainya, mereka melihat-lihat produk tadi dan memesannya. Serta Industri memasarkan produknya di berbagai media telekomunikasi supaya mendapatkan rating yang bagus, kualitas yang naik, dan konsumen dapat menyukai produk tersebut.

Bagaimana ? apakah saudara atau saudari telah mengetahui Peran Informatika dan Telekomunikasi dalam Industri Kreatif ? Sangat sederhana bukan ? Kalau sudah mengerti saya ucakpan terima kasih telah mengerti tulisan saya ini wkwk. Nah sampai segitu dulu pertemuan kita pada artikel kali ini. Semoga saudara ataupun saudari dapat mendapatkan ilmu mengenai yang sudah saudara atau saudari baca tadi. Dan saya ucapkan terima kasih telah membaca artikel saya ini, kurang lebihnya saya kurang maaf. Sampai berjumpa kembali di artikel selanjutnya :)

Wassalamualaikum Wr. Wb.

6 comments:

  1. Tetap semangat..moga menang kontesnya sob..

    Salam satriyoku.blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih dukungannya sob, semoga saja :) dan terimah kasih telah berkomentar :)

      Delete
  2. bagus nih informasinya .. Good luck buat Kompetisinya! dan saran dari saya nih buat yang selanjutnya.. sebaiknya paragraf artikel yang anda tulis jangan terlalu panjang dan kecil, karena itu membuat para pembaca itu bosan..
    Maaf kalau terlalu sakitt yy.. jangan lupa kunjungi blog saya >> http://gerombolan-tips.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih dukungannya dan juga saran dan kritiknya :) saya akan koreksi :) tetapi untuk kontes ini memang membutuhkan kata minimal 700 kata, oleh karena itu saya memperdalam informasinya. Baik, saya akan berkunjung dan terima kasih sudah berkunjung pada artikel saya ini :)

      Delete

Berkomentarlah dengan sopan maka saya akan membalasnya dengan cepat :)
Janganlah berkomentar dengan link hidup, kata kotor, spam, sara, dsb. ><
Terima kasih :)

 
- ©2014 - 2015 Enzi Gekhizakii V.3 -